Sabtu, 17 Juli 2010

Keunikan Koi

Keragaman jenis dan warna, memang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar ikan koi. Nama ikan ini bentuknya serupa ikan emas. Keduanya memang bermoyang satu, yakni ikan karper (Chyprinus carpio).

Pada awalnya, peternak di Jepang hanya bisa menghasilkan varietas koi satu warna tunggal, yakni hitam (Karasugoi, Sumigoi), putih (Shiromuji), merah (Akagoi, Benigoi, dan Higoi), kuning (Kigoi), keemasan (Kingoi), dan putih keperakan (Gingoi).

Dari satu warna, kemudian uncul dua warna, yakni Kohako (putih merah), Shiro bekko dan Shiro utsuri, Kumonryu (hitam putih). Lalu, muncul berikutnya koi tiga warna, yakni Taisho sanke dan Showa sanshoku (merah, hitam, putih). Dan berikutnya, melahirkan koi multi warna seperti Goshiki yang terdiri dari unsur warna dasar biru bercak-bercak merah, hitam, biru tua, dan putih.

Dari hasil persilangan dengan ikan karper jerman yang dinamakan karper tak bersisik (Kagami goi) sekitar tahun 1904 menghasilkan koi sebagian bersisik dan sebagian tidak. Ikan ini dinamakan Ditsu noshikigoi.

Sampai sekarang, diperkirakan lebih dari 18 varietas utama ikan koi, antara lain Bekko, Utsurimono, Asagi/Shusui, Koromo, Kawarimono, Ogon, Hikarimoyomono, Hikari-utsurimono, Kinginrin dan Tancho. Selain itu, ada juga Kohako, Taisho sanke dan Showa sansoku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar